09 January 2014

Sistem Informasi Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Kabupaten Indragiri Hulu Riau

sim ketenagakerjaan dinsosnakertrans kabupaten indragiri hulu riau
Tampilan Login SIM Dinsosnakertrans INHU
Gloria Mandiri Advanced Technologies sebagai perusahaan yang bergerak di bidang konsultan IT. Telah selesai melakukan pengembangan (development) Sistem Informasi yang berbasis komputerisasi untuk pengelolaan data ketenagakerjaan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Sistem Informasi yang kami kembangkan melalui tahap analisa dan perancangan yang dilakukan oleh analist kami. Analist yang melakukan analisa dimulai dari tahap pengumpulan data serta melakukan wawancara tentunya melakukan analisa dari sistem informasi yang berjalan secara manual.
Setelah itu analist kami membuat sistem berbasis komputerisasi yang diajukan untuk pengelolaan data ketenagakerjaan di Disnakertrans Kabupaten Indragiri Hulu. Melalui tahap analisa dan perancangan selama 2 minggu, akhirnya memberikan hasil berupa Data Flow Diagram, Perancangan Tabel serta Flowchart jalannya sistem komputerisasi nantinya yang akan dilakukan tahap coding oleh programmer.

Tidak lupa administrator melakukan pembuatan database dimulai dari Data Defenition Languange (DDL) dimana dimulai dari membuat nama database, table, field yang sesuai dari perancangan database yang diberikan Analist.

Kemudian selesai membuat database untuk Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hulu. Melalui kordinasi antara analist, programmer dan administrator melakukan tahapan pembuat aplikasi ketenagakerjaan tersebut selama 1 (satu) minggu.

Hirarki menu yang dibuat tentunya disesuaikan dengan job description masing-masing operator (pengguna aplikasi) tersebut. Modul dalam sistem informasi berbasis komputerisasi ini yaitu :
  1. Pengelolaan Data Administrasi Pencari kerja
  2. Pengelolaan Data Administrasi Perusahaan
  3. Laporan-laporan yang dibutuhkan.
Tentunya sedikit banyaknya kami akan memberikan penjelasan kepada pengunjung blog GloriaMandiri.com mengenai modul atau tahapan diatas.

A. Pengelolaan Data Administrasi Pencari Kerja.
Pengelolaan Data Administrasi Pencari Kerja merupakan tahapan dimana seseorang yang belum bekerja atau seseorang yang ingin mencari kerja akan membutuhkan sebuah berkas yang sering kita sebut Kartu Kuning atau disebut juga dengan Form AK II.

Tahapan ini dimulai seorang pencari kerja (pencaker) mengisi berkas (formulir) yang telah disediakan oleh Dinsosnakertrans INHU. Kemudian pencaker melengkapi berkas sesuai dengan data yang ada pada mereka.

Kemudian pencaker memberikan formulir yang telah diisi kepada petugas, kemudian petugas melakukan entry data (input). Dimana nantinya akan memberikan hasil berupa print (cetak) dari Kartu Kuning (Form AK II).

B. Pengelolaan Data Administrasi Perusahaan
Pengelolaan Data Administrasi Perusahaan merupakan tahapan pengelolaan data perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu. Dimana setiap perusahaan akan didata jumlah tenaga kerjanya, rencana penambahan tenaga kerja, pemberhentian tenaga kerja. Kemudian jenis usaha, waktu kerja, limbah yang dihasilkan serta penggunaan alat dan bahan di perusahaan akan didata oleh Dinsosnakertrans Inhu. Kemudian pendataan apakah perusahaan tersebut menggunakan Jamsostek atau tidak untuk tenaga kerjanya.

C. Laporan-laporan yang dibutuhkan.
Membuat laporan-laporan yang dibutuhkan seperti laporan pencari kerja sesuai dengan periodenya. Kemudian membuat laporan perusahaan sesuai dengan kebutuhan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Sistem Informasi Berbasis Komputerisasi ini sangat bermanfaat bagi staff di Dinsosnakertrans Inhu dalam melakukan pengelolaan data pencari kerja dan perusahaan. Karena dengan adanya sistem ini diharapkan pelayanan seperti penerbitan kartu kuning (AK II) lebih cepat.
Kemudian pihak Dinsosnakertrans Inhu lebih cepat mengetahui keadaan dari Perusahaan yang beroperasional di Kabupaten Indragiri Hulu. Dan dapat mengetahui kondisi tenaga kerja yang bekerja di perusahaan tersebut.

Demikianlah produk kami yang telah digunakan pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Dan bagi instansi yang sama di daerah lain yang berminat dapat menghubungi kami untuk pemesanan sistem ini.

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Teknologi Sistem Informasiyang bisa anda kunjungi di http://ps-tsi.gunadarma.ac.id/ Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete